• Home
  • Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Misi, dan Tujuan S3 Teknik Mesin FT UGM

Visi Program Studi Doktor Teknik Mesin

Menjadi Program Studi Doktor Teknik Mesin yang berkelas dunia dalam riset dan pendidikan.

Berkelas dunia bermakna program studi ini mendapat akreditasi dari lembaga akreditasi dunia yang kredibel dan masuk 500 besar rangking dunia bedasarkan penilaian QS World University Rankings, dengan penajaman utama ter-publish-nya karya ilmiah hasil riset program doktor teknik mesin di media-media bereputasi dunia dan pengakuan dari universitas-universitas top dunia atas proses pendidikan di prodi S3 Teknik Mesin.

Visi tersebut sejalan dengan visi Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI), visi Fakultas Teknik (FT), dan visi Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti terlihat pada Tabel berikut ini:

UGMFakultas TeknikDTMIPSD-TM
Pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.Lembaga pendidikan tinggi teknik berkelas dunia yang unggul dan bermartabat, berperan aktif dalam pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknik, serta berintegritas tinggi, berbudaya, dan berasaskan Pancasila.Menjadi Departemen Teknik Mesin dan Industri yang berkelas dunia dalam pendidikan dan riset.Menjadi Program Studi Doktor Teknik Mesin yang berkelas dunia dalam riset dan pendidikan.

Misi Program Studi Doktor Teknik Mesin

Melaksanakan riset, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Mesin untuk pengembangan keilmuan serta memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia industri, Penjabarannya adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor bertaraf internasional di bidang teknik mesin
  2. Menyelenggarakan riset yang bermutu tinggi yang mampu mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional pada bidang-bidang yang bersentuhan langsung dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan industri.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat.
  4. Menjalin jaringan kerjasama yang setara di tingkat daerah, nasional, dan internasional.
  5. Membina dan mengembangkan pengelolaan program studi yang bertanggung jawab
  6. Mengusahakan terciptanya kampus dengan atmosfer akademik yang baik.

Misi tersebut sejalan dengan misi Departemen Teknik Mesin dan Industri, misi Fakultas Teknik, dan misi Universitas Gadjah Mada seperti terlihat pada Tabel berikut ini:

UGMFakultas TeknikDTMIPSD-TM
Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan manusia beretika dan mumpuni di bidang ilmu pengetahuan dan teknik yang berdaya guna dan mengabdi untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

2. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan melestarikan ilmu pengetahuan dan teknik untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

3. Menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan budaya bangsa.

4. Mengembangkan kerjasama yang luas dengan lembaga di dalam dan di luar negeri.
Melaksanakan pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Mesin dan Teknik Industri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia keteknikan.1. Melaksanakan riset, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Mesin untuk pengembangan keilmuan serta memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia industri, Penjabarannya.

2. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana bertaraf internasional di bidang Teknik Mesin.

3. Menyelenggarakan riset yang bermutu tinggi yang mampu mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional pada bidang-bidang yang bersentuhan langsung dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan industri.

4. Menyelenggarakan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat.

5. Menjalin jaringan kerjasama yang setara di tingkat daerah, nasional, dan internasional.

6. Membina dan mengembangkan pengelolaan program studi yang bertanggung jawab.

7. Mengusahakan terciptanya kampus dengan atmosfer akademik yang baik.

Tujuan Program Studi Doktor Teknik Mesin

Tujuan umum PSD-TM adalah untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi

  1. Berbudi luhur dan berpegang teguh pada etika;
  2. Bersikap terbuka , tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, serta mendorong kemampuan berwirausaha;
  3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin;
  4. Menguasai teori dan konsep yang relevan dengan bidang keahliannya;
  5. Akrab dengan pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan keahliannya;
  6. Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan keahliannya untuk memecahkan permasalahan, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin;
  7. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum;
  8. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu dan teknologi di dalam bidang keahliannya melalui riset;
  9. Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin dan mengembangkan program riset;
  10. Mempunyai kemampuan pendekatan multidisipliner/interdisipliner dalam berkarya di bidang keahliannya.

Tujuan Khusus PSD-TM UGM adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengembangan sumber energi, sistem konversi energi, serta sistem pemanfaatannya;.
  2. Mengembangkan dan mencari terobosan baru sumber-sumber energimbaru dan terbaharukan yang murah dan ramah lingkungan sehingga pemanfaatan sumber daya alam Indonesia bisa dilakukan sebaik-baiknya.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perilaku bahan yang digunakan pada kontruksi mesin sehingga bisa didesain alat dengan kemampuan dan keamanan yang optimum.
  4. Mengembangkan, membuat, memilih, dan mencari terobosan baru bahan-bahan teknik yang lebih dan atau terbaharukan.

Lulusan yang memiliki kedua kelompok kemampuan di atas akan memiliki kompetensi menghasilkan karya riset yang bermutu dunia, memiliki kepekaan dan kemampuan menjawab persoalan-persoalan di masyarakat.

Tujuan tersebut sejalan dengan tujuan Departemen Teknik Mesin dan Industri (DTMI), tujuan Fakultas Teknik (FT), dan tujuan Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti terlihat pada Tabel berikut ini :

UGMFTDTMIPSD-TM
1. Pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.

2. Produk penelitian yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan local.

3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

4. Tata kelola universitas yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terintegrasi antar bidang guna menunjang keefektifan dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.

5. Kerja sama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra.
1. Pendidikan tinggi teknik yang berkualitas dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.

2. Produk penelitian sebagai rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan memberi solusi permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan local.

3. Pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

4. Tatakelola fakultas yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terintegrasi antar bidang guna menunjang efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya.

5. Kerja sama yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan para mitra.
1. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.

2. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu sehingga menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam lingkup keahliannya.

3. Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya.

4. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
Tujuan Umum:

1. Berbudi luhur dan berpegang teguh pada etika;

2. Bersikap terbuka , tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, serta mendorong kemampuan berwirausaha.

3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untukn memecahkan permasalahan, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.

4. Menguasai teori dan konsep yang relevan dengan bidang keahliannya.

5. Akrab dengan pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan keahliannya.

6. Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan keahliannya untuk memecahkan permasalahan, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.

7. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.

8. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu dan teknologi di dalam bidang keahliannya melalui riset.

9. Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin dan mengembangkan program riset.
10. Mempunyai kemampuan pendekatan multidisipliner/interdisipliner dalam berkarya di bidang keahliannya.

Tujuan khusus :

1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pengembangan sumber energi, sistem konversi energi, serta sistem pemanfaatannya.
2. Mengembangkan dan mencari terobosan baru sumber-sumber energi baru dan terbaharukan yang murah dan ramah lingkungan sehingga pemanfaatan sumber daya alam Indonesia bisa dilakukan sebaik-baiknya.
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang perilaku bahan yang digunakan pada konstruksi mesin sehingga bisa didesain alat dengan kemampuan dan keamanan yang optimum.
4. Mengembangkan, membuat, memilih, dan mencari terobosan baru bahan-bahan teknik yang lebih dan atau terbaharukan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Doktor Teknik Mesin FT UGM

Sasaran Program Studi Doktor Teknik Mesin

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas internasional yang mampu mengembangkan keilmuan dan memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan keilmuan di bidang teknik mesin dalam kariernya baik sebagai peneliti, tenaga pendidik, maupun ahli rancang bangun dan rekayasa industri.
  2. Menghasilkan riset berkelas dunia yang ter-publish pada media ilmiah internasional bereputasi, mendapat paten dan berdampak pada kemajuan bangsa.

Strategi pencapaian sasaran di atas didekati secara holistik melalui: masukan, proses dan keluaran yang dijabarkan dalam persyaratan seleksi mahasiswa baru, persyaratan proses studi, dan persyaratan kelulusan, serta pengelolaan sumber daya yang efisien dengan didukung langkah-langkah berikut:

  1. Meningkatkan jumlah kerjasama pendidikan dengan PT terkemuka di luar negeri.
  2. Memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana pendidikan
  3. Mendatangkan dosen tamu internasional.
  4. Memperbanyak dosen yang menjadi dosen tamu di PT luar negeri.
  5. Memberikan dana riset bagi semua dosen setiap tahun.
  6. Memberikan insentif bagi semua dosen yang publikasi, menulis proposal dan menjadi reviewer jurnal internasional.
  7. Memperbaiki sarana dan prasarana penelitian.
  8. Mendorong dosen untuk memperoleh dana penelitian nasional dan internasional.

Indikator pencapaian sasaran tersebut dilihat melalui besarnya capaian tiap langkah di atas tiap tahun. Secara umum jika besarnya capaian meningkat dari tahun ke tahun maka usaha-usaha yang dilakukan telah berada pada jalur yang tepat menuju terwujudnya sasaran. Adapun sasaran dan indikator pencapaian sasaran tersebut terlihat pada Tabel berikut ini:

NoSasaranIndikator
1Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas internasional yang mampu mengembangkan keilmuan dan memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan keilmuan di bidang teknik mesin dalam kariernya baik sebagai peneliti, tenaga pendidik, maupun ahli rancang bangun dan rekayasa industri.1.Jumlah kerjasama pendidikan dengan PT terkemuka di luar negeri meningkat dari tahun ke tahun.
2. Ada perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendidikan dari tahun ke tahun
3. Secara rutin setiap tahun mendatangkan dosen tamu internasional.
4. Jumlah dosen yang menjadi dosen tamu di PT luar negeri bertambah dari tahun ke tahun.
2Menghasilkan riset berkelas dunia yang ter-publish pada media ilmiah internasional bereputasi, mendapat paten, dan berdampak pada kemajuan bangsa1. Setiap tahun jumlah dana riset bagi semua dosen meningkat.
2. Jumlah dana insentif bagi semua dosen yang publikasi, menulis proposal dan menjadi reviewer jurnal internasional meningkat dari tahun ke tahun.
3. Ada perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana penelitian dari tahun ke tahun.
4. Jumlah dosen yang memperoleh dana penelitian luar PT (nasional dan internasional) meningkat dari tahun ke tahun.

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives