SEMAR UGM Ikuti KMHE 2015

Tim SEMAR UGM terus menunjukkan komitmennya untuk melakukan inovasi terkait dengan produk-produk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan melalui kompetisi mobil hemat energi berskala nasional, Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2015, kategori Prototype Diesel, 21-25 Oktober 2015 lalu.

Dalam kontes ini mobil Proto Tim SEMAR didesain dengan body se-aerodinamis mungkin dan berkonsep streamline untuk mengurangi gesekan dengan udara. Body SEMAR Proto berbahan serat karbon yang materialnya ringan namun tetap kuat. Steering ditempatkan pada bagian kaki sehingga dapat memperluas ruang pandang driver, sehingga dapat mempertahankan stabilitas mobil ketika berbelok.

“Konsep streamline ini berfungsi untuk mengurangi gesekan dengan udara,” kata Ketua Umum Tim SEMAR, Mochamad Agam Dridya, Kamis (26/11).

Agam menjelaskan pada Kontes Mobil Hemat Energi 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Tim SEMAR dapat melalui serangkaian uji teknis yang terdiri atas 12 inspeksi, seperti static dan dynamic braking, stability, safety, dan lain-lain. Setelah itu, pada pengujian konsumsi bahan bakar di sirkuit, tim berhasil mendapatkan juara 2 untuk kategori Prototype Diesel dengan pencapaian konsumsi bahan bakar 267 km setiap liternya.

“Tim SEMAR juga mendapatkan juara 3 untuk Off-track Award Best Vehicle Design Process & Planning,” urainya.

Tidak hanya aktif mengikuti berbagai kompetisi, tim SEMAR juga telah banyak menciptakan berbagai inovasi baru yang dapat digunakan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh civitas akademika UGM, seperti mobil listrik E-Semar yang saat ini digunakan untuk operasional di gedung pusat UGM.

Tim SEMAR tidak hanya berinovasi dalam desain dan pengembangan kendaraan-kendaraan di atas, tetapi  juga terlibat aktif dalam desain dan pengembangan Mobil Gas UGM, converter kit UGM generasi 1-4, dan  riset mobil listrik nasional (Molina). Inovasi-inovasi di atas adalah wujud kepedulian dan aksi nyata dari tim untuk memecahkan permasalahan energi dan lingkungan. Tim SEMAR UGM dibimbing oleh Dr. Jayan Sentanuhady, dan pada tahun 2015 beranggotakan 13 mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM, yaitu : Mochamad Agam Dridya (Ketua Umum), Reyhandy Bayu A. R. (Ketua Divisi Teknis), Fauzan Imaduddin (Sub Divisi Design & Manufacture), Riz Raharyan (Sub Divisi Design & Manufacture), R. Hasta Wiratna (Sub Divisi Design & Manufacture), Gilang Prasetya Adi (Sub Divisi Engine), Laksatya Wirawan (Sub Divisi Engine), Akbar Andi W. (Sub Divisi Electrical), Stella Nadya Arvita (Ketua Divisi Project Management), Safira Pralampita Larasati (Sub Divisi Internal), Pramesti Ayu Dwi Wulandari (Sub Divisi Eksternal), Elok Pitaloka (Sub Divisi Eksternal), M. Fachmi Alfarizi (Sub Divisi Eksternal) (Humas UGM/Satria;foto: Tim SEMAR)

Trackback from your site.

Leave a comment

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives