• Home
  • Organisasi Kurikulum

Organisasi Kurikulum

Program Studi Doktor Teknik Mesin FT UGM menganut kurikulum tidak terstruktur.

Beban studi pada Program Doktor Teknik Mesin UGM untuk mahasiswa berlatar belakang pendidikan S2 Teknik Mesin adalah 40-44 SKS, yang terdiri dari:

  • Kuliah: 8-12 SKS
  • Disertasi: 32-36 SKS (terdiri atas komponen riset, seminar/publikasi, serta penulisan disertasi).

Untuk mahasiswa berlatar belakang pendidikan S2 bukan Teknik Mesin, maka beban studi pada Program Doktor adalah 56-60 SKS, yang terdiri dari 24-28 SKS kuliah dan 32-36 SKS disertasi.

Beban studi di atas dijadwalkan untuk ditempuh dalam 7 semester. Bagi peserta program Doktor yang berpendidikan S2 sebidang, maka beban di atas dapat ditempuh dengan lama studi maksimal 10 semester (5 tahun). Bagi peserta program Doktor yang berpendidikan S2 tidak sebidang, maka beban di atas dapat ditempuh dengan lama studi maksimal 11 semester (5.5 tahun). Dalam keadaan khusus, perpanjangan masa studi dapat diberikan berdasarkan usul dari Tim Promotor, dengan lama waktu perpanjangan sebanyak-banyaknya 2 (dua) semester. Apabila selama waktu studi mahasiswa pernah secara sah tidak terdaftar sebagai mahasiswa, maka jangka waktu selama mahasiswa tersebut tidak terdaftar tidak diperhitungkan. Dalam hal penghentian studi untuk sementara yang disebabkan oleh tindakan/hukuman akademik maka waktu tersebut diperhitungkan.

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives