• Home
  • Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan

Kompetensi utama

  1. Memiliki kemampuan memecahkan masalah di bidang teknik mesin, khususnya untuk konsentrasi studi yang digeluti, dengan pemahaman yang baik dan bisa bekerja sama dengan bidang yang lain.
  2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan teknis yang mendalam pada disiplin ilmu teknik mesin yang lebih spesifik.
  3. Memiliki pengetahuan dan kemampuan melakukan penelitian ilmiah secara mandiri yang ditunjukkan dengan kemampuan merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis serta menafsirkan data yang diperoleh.
  4. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil penelitian dalam bentuk publikasi atau seminar ilmiah.
  5. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pengembangan keilmuan dan riset-riset keteknik-mesinan, khususnya pada bidang yang digeluti.
  6. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pengembangan keilmuan desain sistem keteknik-mesinan, khususnya pada bidang yang digelutinya, berikut pemanfaatannya.
  7. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pengembangan keilmuan dan riset untuk menemukan terobosan-terobosan baru di bidang yang digelutinya.

Kompetensi pendukung

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penggunaan teknik-teknik dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk penelitian.
  2. Memiliki kearifan dalam memahami dampak dari solusi sistem keteknik-mesinan dari sudut pandang global, ekonomi, lingkungan, dan sosial kemasyarakatan.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan bahasa nasional maupun internasional dengan komunitas keilmuan dan praktisi monodisipliner maupun interdisipliner, dan masyarakat luas.
  4. Memahami dan berkomitmen terhadap etika dan tanggung jawab profesi.

Kompetensi lainnya

  1. Menyadari dan terus melaksanakan proses belajar seumur hidup untuk menjaga dan mengembangkan pengetahuannya, serta untuk meningkatkan peran di lingkungan profesinya.
  2. Mampu bekerja secara efektif secara individual maupun dalam tim multi-disipliner maupun multi-culture, serta memiliki kemampuan baik sebagai pemimpin maupun sebagai anggota tim.
  3. Mengetahui dan memiliki kepedulian terhadap permasalahan-permasalahan global kekinian.

Kompetensi lulusan yang dirumuskan di atas telah sesuai dengan visi, misi dan tujuan Program Doktor Teknik Mesin. Pencapaian kompetensi di atas ditunjukkan antara lain oleh prestasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan oleh hasil studi pelacakan pengguna alumni. Sebagai contoh:

  • Hasil penelitian lulusan Program Doktor Teknik Mesin dapat dipublikasikan di seminar internasional serta jurnal ilmiah internasional yang bereputasi.
  • Lulusan Program Doktor Teknik Mesin memperoleh jenjang karir yang semakin tinggi di institusi tempat kerjanya.
  • Lulusan Program Doktor Teknik Mesin dapat membangun jaringan kerja sama secara nasional maupun i

Lulusan Program Doktor Teknik Mesin dapat diterima oleh komunitas industri maupun akademik di tingkat nasional maupun internasional.

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives