Fasilitas

  1. Laboratorium Teknologi Mekanik
    Kegiatan Laboratorium Teknologi Mekanik sebagian besar memberikan latihan praktis tentang cara pengerjaan logam dan pembuatan bagian-bagian mesin yang sederhana dengan alat tangan atau dengan mesin sehingga mahasiswa dapat menghayati sifat-sifat logam dan mengetahui cara kerja serta penggunaan mesin perkakas, alat-alat potong dan alat ukur maupun hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi suatu komponen. Laboratorium ini dilengkapi dengan beberapa mesin bubut, mesin frais, mesin bor, mesin scrap, mesin pres, mesin gerinda, mesin las listrik, alat las karbit, dan beberapa alat kerja bangku. Selain untuk melatih ketrampilan mahasiswa, laboratorium ini juga sering digunakan untuk penelitian tugas akhir para mahasiswa. Laboratorium ini juga merupakan tempat untuk pembuatan dan perbaikan alat yang rusak dari laboratorium lain.
  2. Laboratorium Konversi Energi 

    Laboratorium Konversi Energi dipergunakan untuk menunjukan secara nyata karakteristik motor bakar, turbin uap, turbin gas kepada mahasiswa tingkat sarjana. Selain itu, laboratorium ini juga dimanfaatkan untuk penelitian, misalnya pengaruh kelengasan udara terhadap unjuk kerja motor bakar, pencemaran gas buang terhadap udara luar, cara untuk penghematan bahan bakar dan sebagainya. 

    lab_konversi
    Laboratorium ini dilengkapi dengan motor diesel, motor bensin, steam power plant (turbin uap), gas power plant (turbin gas), dan alat-alat ukur (aparat orsat, exhaust gas analyser, tune up, alat pembuat diagram indikator, bomb calorimeter, flow calorimeter) dan sebagainya. Berbagai macam penelitian dan pengujian pernah dilakukan, baik dalam bentuk kerja sama dengan industri maupun untuk penelitian mahasiswa S1 dan S2.

  3. Laboratorium Perpindahan Kalor dan Massa 

    Laboratorium Perpindahan Kalor dan Massa dimaksudkan untuk mendukung teori yang berkaitan dengan teknik pendingin, perpindahan panas dan solar energy. Peralatan yang ada di laboratorium ini antara lain: Experimental Device and Chilling, York. Trainer, RefrigeratorandMixing Unit, Multi Purpose Air Duct, Heat Transfer Bench, Refrigeration Unit, Forced Convection, Radiation Heat Transfer, Smog Filter, Pyrheliometer, Apply Angstrom, Alat-alat ukur solar energy, Solar Cell, Solar Collector, Process Control Equipment, Water Cooling Tower, Alat-alat ukur konduktivitas logam.
    Praktikum yang dapat dilaksanakan mahasiswa antara lain: unjuk kerja sistem pendingin, pengolahan udara dan perhitungan beban pendinginan ruangan, perpindahan panas konveksi paksa, perpindahan panas radiasi, perpindahan panas konduksi, unjuk kerja cooling tower, pengukuran intensitas matahari, pengukuran polusi atmosfir.
    lab_kalorKegiatan yang pernah dilakukan (beberapa kegiatan masih berlangsung) antara lain:
    1. Training peralatan laboratorium (dosen-dosen PTN se-Indonesia)
    2. Pengukuran intensitas matahari pada saat gerhana matahari total
    3. Penelitian untuk skripsi dan tesis mahasiswa
    4. Penelitian bagi staf pengajar
    5. Praktikum bagi peserta kursus singkat Pusat Antar Universitas (PAU) Ilmu Teknik UGM
    6. Pelatihan Teknisi PT. Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, IPTN, PT. Sari Husada Yogyakarta, dan sebagainya.

  4. Laboratorium Mekanika Fluida 

    Laboratorium ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat sarjana untuk lebih memahami tentang sifat-sifat aliran di dalam pipa, pengukuran jumlah aliran, karakteristik pompa, karakteristik kompresor, karakteristik Turbin Pelton, tebal tipis batas, distribusi tekanan pada model, hambatan pada benda dan model sayap pesawat terbang. Laboratorium ini juga digunakan untuk penelitian mahasiswa Pasca Sarjana.
    lab_mf
    Peralatan yang ada di laboratorium ini antara lain: Sistem aliran di dalam pipa, Surge Water Hammer Apparatus, pompa bertingkat banyak dan turbin Pelton, turbin Francis, kompresor Torak, pompa Sentrifugal seri paralel, pompa roda gigi dan pompa piston, pompa torak, Sub Sonic Wind Tunnel beserta model-model benda uji, Laser Doppler, Hot Wire Anemometer.

  5. Laboratorium Bahan Teknik 

    Laboratorium ini sebagian besar kegiatannya melatih mahasiswa untuk pengujian logam atau untuk mengetahui sifat mekanik, sifat fisik dan pembentukan logam melalui pengecoran serta sifat plastisnya.
    lab_bahanteknik
    Selain itu, laboratorium ini banyak digunakan penelitian Tugas Akhir dan Tesis bagi mahasiswa yang mengambil tugas ilmu logam, komposit dan perpatahan dan kelelahan, dan untuk penelitian mahasiswa S2 dari Fakultas lain (Kedokteran Gigi, Kehutanan, Pertanian, dsb). Di samping itu juga banyak digunakan untuk membantu industri logam untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya. Laboratorium ini dilengkapi dengan: dapur induksi dengan kapasitas 25 kg, mesin uji tarik, geser, tekan, lengkung, mesin uji kekerasan (Rockwell, Brinell, Vickers), mesin uji kelelahan, mesin uji Impact, mesin uji torsi, mesin uji magnaflux dan Ultrasonic, microscope optic, mesin uji pasir cetak, Heat Treatment Furnace, Autoclave, mesin uji Servopulser, mesin uji kekerasan “Surfcom”, Vertical Tube Furnace, Vaccum Tube Furnace, mesin uji keausan, mesin Punching, mesin Polishing.
    Penelitian dari instansi antara lain:
    1. Kekuatan material Bus Kota KOPATA Yogyakarta
    2. Hasil cor-an Perusahaan Pengecoran Ceper
    3. Suku cadang instalasi listrik PLN Semarang
    4. Pasir cetak sampai hasil cor-an dari Departemen Perindustrian
    5. Suku cadang kereta api Balai Yasa PJKA Pengok Yogyakarta
    6. Thesis S2 Fakultas Kedokteran Gigi UGM
    7. Kerjasama dengan IPTN (1994 sampai sekarang)
    8. Pengujian bahan struktur New Armada Magelang

  6. Laboratorium Perancangan 

    Laboratorium ini sebagai tempat mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas Teknik Menggambar Mesin. Di samping itu, laboratorium Perancangan dapat dipakai oleh mahasiswa untuk menyelesaikan Tugas Akhir, Pengabdian pada masyarakat dan sebagainya.
    Alat-alat yang tersedia:
    1. Meja gambar ukuran (65 x 92 x 1) cm3 = 40 buah
    2. Meja gambar ukuran (92 x 150 x1) cm3 = 8 buah
    3. Meja gambar ukuran (96 x 152 x1) cm3 = 22 buah
    4. Mesin gambar = 29 buah
    lab_perancangan

  7. Laboratorium Simulasi dan Komputasi 

    Laboratorium ini membantu mahasiswa untuk lebih memahami mata kuliah perencanaan dan perancangan produk, pemodelan sistem, pemrograman komputer, sistem informasi serta model dan simulasi komputer. Di laboratorium ini mahasiswa diharapkan dapat lebih trampil menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan beberapa kasus di bidang industri dari perancangan, penjadwalan, simulasi sistem, analisis ergonomik, sampai integrasi sistem. Software yang disediakan seperti AutoCAD, AutoDesk Inventor, MATLAB, Solidwork,Pro-Engineering, dan sebagainya.
    Laboratorium ini juga menyediakan fasilitas bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Logika Pemograman untuk menguji program yang dibuat dengan bahasa Fortran, Visual Basic, Pascal, dan sebagainya. Software untuk analisis dan komputasi dinamika fluida juga disediakan seperti ANSYS, NASTRAN, PATRAN, FLUENT, RAMPANT, dan lain-lain.
    Di samping itu, laboratorium ini juga merupakan fasilitas pendukung bagi:
    1. Mahasiswa yang menyelesaikantesis
    2. Dosen-dosen yang melakukan penelitian
    3. Mahasiswa Pasca Sarjana
    lab_simulasi

  8. Laboratorium Proses dan Sistem Produksi 

    Laboratorium ini berfungsi sebagai unit pelayanan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan Sistem Produksi, Proses Produksi, Perencanaan tata letak pabrik, Perencanaan dan Pengendalian produksi peralatan transport industri. Di laboratoeium ini terdapat mesin-mesin CNC kayu, mesin bubut dan frais kayu, integrated system (robot).
    Laboratorium CNC dan CAD/CAM ini juga dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa dalam memprogram dan mengoperasikan mesin-mesin bubut dan frais yang dikendalikan atau dikontrol oleh komputer serta cara-cara penanganan benda atau alat dengan komputer yang dapat langsung dihubungkan ke mesin-mesin CNC. Selain itu juga disediakan mesin pemotong logam dengan menggunakana laser dan Flame Cutting untuk para mahasiswa yang mempunyai minat khusus tentang laser dan flame cutting.

    lab_proses
    Untuk memadukan kerja dari mesin-mesin CNC tersebut di Laboratorium CNC ini juga tersedia unit FMS (Flexible Manufacturing System) yang memadukan kerja mesin bubut CNC dan mesin Frais CNC dengan menggunakan bantuan robot. Di samping itu juga tersedia fasilitas untuk pengerjaan kayu, menggunakan mesin frais CNC. Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri FT-UGM dipercaya untuk mengelola pusat training mesin-mesin CNC dan CAD-CAM (produksi EMCO-AUSTRIA) untuk para staf akademik dan laboran dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Training ini dilaksanakan di Laboratorium CNC dan CAD/CAM.
    lab_proses2
    Beberapa pekerjaan kerjasama yang telah dilakukan di Laboratorium CNC dan CAD/CAM antara lain, dengan PT. Petro Kimia Gresik dalam pembuatan sudu turbin, dengan PJKA dalam pembuatan komponen lokomotif, dengan PT. Garuda Indonesia dalam pembuatan komponen DC-9, dengan PT. New Armada dan dengan PT. IPTN dalam pembuatan spesimen untuk uji retak dan patah lelah, serta beberapa kerjasama pelatihan lain.

  9. Laboratorium Akustik dan Getaran Mekanik 

    Laboratorium Akustik dan Getaran Mekanik dimaksudkanuntuk mendukung teori yang berkaitan dengan akustik dan getaran mekanik. Peralatan yang tersedia di Laboratorium ini antara lain:
    1. Shaker berbagai macam ukuran
    2. Sensor berbagai macam jenis dan ukuran
    3. Signal conditioning berbagai jenis
    4. Signal analyzer
    5. Computer based data acquisition and analysis
    6. Semi anechoic room
    7. Alat ukur serapan bunyi
    lab_akustik
    Dengan peralatan yang ada tersebut, maka Laboratorium ini mampu :
    1. Menganalisis getaran pada mesin dan struktur
    2. Menganalisis karakter akustik suatu ruang
    3. Menganalisis karakter suara suatu sumber bunyi
    4. Menganalisis karakteristik getaran dan bunyi dari material
    5. Mensimulasikan getaran dan bunyi secara numeris
    6. Menganalisis kebisingan di lingkungan industri, kebisingan lingkungan.
    Penelitian yang telah dilakukan, misalnya:
    1. Bekerjasama dengan PT. Siemens: Desain Akustik di Masjid Istiqal Jakarta
    2. Penelitian akustik kerusakan pompa pengairan di Cilacap
    3. Waktu kerdam di Gedung Wanita (lama) Yogyakarta
    4. Waktu kerdam ndalem Notoprajan Yogyakarta
    5. Kebisingan dan gangguan getaran mekanis di PT. Sari Husada Yogyakarta
    6. Desain akustik ruang seminar Laboratorium Referensi UGM Bulaksumur
    7. Waktu kerdam Gedung Pertemuan Pamungkas di Kotabaru Yogyakarta
    8. Waktu kerdam di Gedung ASTI Yogyakarta

  10. Laboratorium Teknik Rantai Pasok dan Logistik 

    Laboratorium Supply chain Engineering and logistic (SCILOG) adalah suatu laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Mesin dan Industri. SCILOG dikembangkan untuk mendukung pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diberbagai topik yang terkait dengan perancangan dan perbaikan (improvement) sistem sosio-teknikal kompleks dengan pendekatan kuantitatif systems thinking dan engineering. Termasuk dalam ranah cakupannya adalah analisis pengembangan dan improvement sistem rantai pasok komoditas barang, green supply chain, project supply chain, military logistic, network optimization, warehouse management, supplier management, forecasting, joint replenishment problem, product management dan logistic for disaster relief/ humanitarian programs.
    Aktivitas yang dilakukan di Laboratorium ini adalah praktikum sebgai berikut : Distribution Simulation Games yaitu sebuah praktikum berbasis Experiential learning untuk memahami Dinamika sistem rantai pasok terkait dengan aspek ‘desentrelisasi informasi’, ‘non-linieritas’, ‘delay’ dan ‘feedback loops’; Risk Pool : sebuah praktikum untuk memberikan pemahaman terkait resiko dalam sistem inventori; Network Optimization ; Sebuah Praktikum untuk memberikan pemahaman pada optimasi transportasi dan network design pada supply chain; People Express : Sebuah Praktikum berbasis experiental learning dan studi kasus nyata untuk memahami dinamika pengambilan keputusanstrategis pada sebuah sistem profit-oriented yang kompleks terkait dengan aspek growth & underinvestment.; System Dinamic: sebuah praktikum untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam ‘berpikir sistem’ dan ketrampilan mentranformasi ‘mental model’ menjadi ‘formal model’ dengan pendekatan simulasi; Project Scheduling : Sebuah praktikum untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam penjadwalan dan analisis resiko proyek.
    Penelitian yang dilakukan di Laboratorium ini antara lain : Pengendalian inventori multi item dengan pendekatan Simulasi Monte Carlo, analisi Dinamika rantai pasok pada sebuah industri manufaktur kayu, green supply chain dengan pendekatan kemodinamika, pengembangan indikator kinerja supply chain systems, cloose loop supply chain dengan pendekatan Monte Carlo Simulation, dinamika sistem proyek engineering, procurement, construction (EPC), analisis dinamika re-work pada tahapan engineering design proyek EPC, analisis resiko dan penjadwalan program rehabilitasi pasca tsunami di Aceh, analisis dan peramalan kesuksesan produk, manajemen coal yard di PLTU Suralaya, Merak , Banten.
    Fasilitas dan peralatan yang ada di laboratorium ini antara lain : Komputer 25 seats, Flexsim Version 5, 25 set, perangkat lunak Vensim untuk Simulasi Dinamika systems (25 set), perangkat lunak untuk Monte Carlo Simulation, perangkat lunak untuk POM/QM, modul Praktikum distribution game, risk pool, network optimization dan people express.

  11. Laboratorium Desain dan Pengembangan Produk 

    Laboratorium DP2 merupakan salah satu laboratorium di Program Studi Teknik Industri JTMI FT UGM bidang desain produk baru dan pengembangannya dengan “starting point” kemampuan teknologi yang dimiliki (technology push) atau kebutuhan pasar (market pull).
    Laboratorium ini memiliki tugas pokok dan fungsi:
    1. Melaksanakan praktikum mahasiswa S1
    2. Mendukung kegiatan tim kompetisi mahasiswa (S1-S2)
    3. MendukungkegiatanmatakuliahPerancangan dan Pengembangan produk (S1), dan Concurrent Product Design and Process (S2)
    4. Memfasilitasi riset yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa (S1,S2 dan S3).
    Fasilitas laboratorium meliputi: fasilitas presentasi (PC-viewer set), studio desain (AutoCAD, Inventor, PC) dan prototyping (CNC-turning machine, CNC-milling machine, plastic injection machine, metal saw cutting, dan metal welding). Laboratorium ini didukung dengan studio perancangan sebagai tempat mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas perancangan, Tesis, dan Pengabdian pada masyarakat.
    lab_desain

  12. Laboratorium Teknik Mutu dan Keandalan 

    Laboratorium ini berkaitan dengan penelitian-penelitian di Bidang Pengendalian Kualitas, Statika teknik Industri, Manajemen perawatan, Teknik Kehandalan (Engineering Realibility), Quality Engineering, Maintenance Management System, dan Realibility Engineering. Penelitian yang dikembangkan akan menitikberatkan kepada metodologi-metodologi inovatif yang disesuaikan dengan tantangan industri masa kini yaitu high-tech, high-volume, high-yield, dan data-intensive. Beberapa contoh topik penelitian yang telah dilakukan adalah :
    1. Quality Improvement to Reduce Defect Using Six Sigma with DMAIC method
    2. Quality Control Analysis by Total Quality Management to minimize Defect with 7 Improvement Steps Method.
    Prasarana yang ada dimanfaatkan untuk memperdalam engineering techniques dan statistik mutakhir dalam aplikasinya dalam tatanan bisnis dan industri yang luas. Laboratorium ini memiliki 25 buah komputer dengan processor Intel i5 dan Windows 7 Genuine yang dilengkapi dengan software mutakhir yang berlisensi, misalnya Flexim, Minitab. Selain itu terdapat juga sarana untuk pengecekan kualitas seperti Micrometer Screw Gauge dan Vernier Caliper.

  13. Laboratorium Ergonomika 

    Laboratorium Ergonomika ini digunakan untuk mendukung pengaplikasian konsep dan prinsip ergonomika di seluruh sistem kerja melalui kegiatan praktikum dan penelitian bagi mahasiswa, kerjasama dengan industri/lembaga penelitian lain/pemerintah daerah, pelatihan/workshop, penyelenggaraan seminar nasional tahunan, ergo club, dll.
    Visi dari labortorium Ergonomika ini adalah “menjadi laboratorium Ergonomika terkemuka berbasis penelitian yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat Indonesia”, sedangkan misinya adalah : menjadi pusat penelitian ergonomika, memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk pengabdian kepada masyarakat, menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat, pemerintah, industri, dan pengguna lain, serta menyelenggarakan pelatian/workshop/kuliah tamu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang ergonomika.
    Aktivitas Laboratorium Ergonomika ini antara lain: melayani praktikum mahasiswa S1, penelitian mahasiswa S1/S2/S3, menyelenggarakan ERGOCLUB untuk mahasiswa yang tertarik mempelajari lebih jauh tentang ergonomika, kerjasama dengan industri, kuliah tamu & workshop, penjualan alat laboratorium.
    Penelitian saat ini terpusat pada topik-topik : Pengembangan Ergonomics Performance Index, Ergonomic assesment, Ethnography for Design, Military Ergonomics, Product Design based on Indonesian anthropometry, Indonesian ergonomics standar, product usability, Indonesian Antropometry.
    Peralatan yang tersedia di laboratorium ini antara lain : Kursi anthropometer, goniometer, alat ukur volume seluruh atau segmen tubuh, Ergonomics software, alat ukur waktu reaksi, visual inspection, short term memory, HUMANCAD, grip strength dynamometer, Threadmill, Ergocycle, Back Strength Dynamometer, Lightmeter, Sound Level Meter, Heart rate monitor, Conveyor, Personal Human Vibration System, Area Heat stress Monitor.
    Beberapa industri yang telah bekerja sama dengan Laboratorium Ergonomika dalam bentuk penelitian, magang, kerjasama, antara lain adalah : PT. Gapura angkasa Bandar Udara Adisutjipto, PT. Sanggar Sarana Baja, PT. Mulia Glass Float Division, PT. Global-Pak, PT.GE lighting, Pabrik Gula Madukismo, Lab micro Teaching Fak Sosial-Ekonomi UNY, Pabrik Genteng Bapak Abadi Yogyakarta, PT TMMIN, PT AHM.

  14. Fasilitas Perpustakaan 

    Bagi mahasiswa yang ingin memperoleh bahan referensi berupa buku, tesis, disertasi, jurnal dan karya ilmiah yang lain dapat mengunjungi perpustakaan baik di tingkat Jurusan, Fakultas, maupun Universitas. Untuk memudahkan pencarian referensi dandownload jurnal, mahasiswa dapat mengakses melalui website http://lib.ugm.ac.id.

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives